Total Station

Mengenal Total Station

Sebuah stasiun total merupakan instrumen elektronik / optik yang digunakan dalam survei modern. Total station adalah teodolit elektronik (transit) yang terintegrasi dengan meter jarak elektronik (EDM) untuk membaca jarak kemiringan dari instrumen untuk titik tertentu.

Total stasiun robot memungkinkan operator untuk mengontrol instrumen dari kejauhan melalui remote control. Ini menghilangkan kebutuhan untuk asisten anggota staf sebagai operator memegang reflektor dan mengontrol total station dari titik yang diamati. (Lihat gambar Total Station disini)

Mengkoordinasikan pengukuran
Koordinat titik yang tidak diketahui relatif terhadap koordinat dikenal dapat ditentukan dengan menggunakan total station asalkan berhadapan langsung dapat dibentuk antara dua titik. Sudut dan jarak diukur dari stasiun total poin di bawah survei, dan koordinat (X, Y, dan Z atau Northing, Easting dan ketinggian) dari survei poin relatif terhadap posisi total station dihitung menggunakan trigonometri dan triangulasi. Untuk menentukan lokasi yang mutlak Total Station memerlukan garis penglihatan dan pengamatan harus membuat lebih dari satu titik dikenal atau dengan garis pandang ke 2 atau lebih titik dengan lokasi diketahui.

Untuk alasan ini, beberapa stasiun total juga memiliki antarmuka navigasi satelit Global System yang tidak memerlukan berhadapan langsung untuk menentukan koordinat. Namun, pengukuran GNSS mungkin memerlukan periode pendudukan lebih lama dan menawarkan akurasi yang relatif miskin di sumbu vertikal.

Sudut pengukuran
Kebanyakan modern total stasiun instrumen mengukur sudut dengan cara elektro-optik scanning sangat tepat kode bar-digital tergores di silinder berputar kaca atau disc dalam instrumen. Para Kualitas terbaik total stasiun mampu untuk mengukur sudut 0,5 busur-detik. Murah “konstruksi kelas” total stasiun umumnya dapat mengukur sudut untuk 5 atau 10 Arc-detik.

Jarak pengukuran
Pengukuran jarak dilaksanakan dengan Modulated microwave atau inframerah operator sinyal, yang dihasilkan oleh emitor solid-state kecil di dalam jalur optik instrumen, dan dipantulkan oleh reflektor prisma atau benda di bawah survei. Pola modulasi pada sinyal kembali adalah membaca dan diinterpretasikan oleh komputer di stasiun total. Jarak ditentukan dengan memancarkan dan menerima beberapa frekuensi, dan menentukan jumlah integer dari panjang gelombang untuk target untuk masing-masing frekuensi. Kebanyakan total stasiun menggunakan tujuan-dibangun reflektor kaca kubus sudut prisma untuk EDM sinyal. Sebuah total station khas dapat mengukur jarak dengan akurasi sekitar 1,5 milimeter (0,0049 ft) + 2 bagian per juta lebih dari jarak hingga 1.500 meter (4.900 kaki).
Total stasiun reflectorless dapat mengukur jarak ke setiap objek yang cukup ringan dalam warna, untuk beberapa ratus meter.

Pengolahan data
Beberapa model termasuk penyimpanan internal data elektronik untuk merekam jarak, sudut horisontal, dan sudut vertikal diukur, sementara model lainnya dilengkapi untuk menulis pengukuran ini untuk kolektor data eksternal, seperti komputer genggam.
Ketika data di-download dari total station ke komputer, perangkat lunak aplikasi dapat digunakan untuk menghitung hasil dan menghasilkan peta wilayah penelitian. Generasi baru dari total stasiun (misalnya Hilti POS 15/18) juga dapat menampilkan peta pada sceen sentuh dari instrumen yang tepat setelah mengukur poin.

Aplikasi
Total stasiun terutama digunakan oleh surveyor tanah dan Insinyur Sipil, baik untuk merekam fitur seperti dalam Survei Topografi atau untuk mengatur fitur-fitur (seperti jalan, rumah atau batas). Mereka juga digunakan oleh arkeolog untuk merekam dan penggalian oleh polisi, penyelidik TKP, reconstructionists kecelakaan pribadi dan perusahaan asuransi untuk melakukan pengukuran adegan

Pertambangan
Total stasiun merupakan instrumen survei yang digunakan dalam survei pertambangan.
Sebuah stasiun total digunakan untuk merekam lokasi absolut dari dinding terowongan (lombong), plafon (punggung), dan lantai sebagai drift dari tambang bawah tanah didorong. Data yang direkam kemudian download ke dalam program CAD, dan dibandingkan dengan tata letak yang dirancang terowongan.
Partai survei menginstal stasiun kontrol secara berkala. Ini adalah baja kecil plugs dipasang di pasang di lubang dibor ke dinding atau bagian belakang. Untuk stasiun dinding, dua busi yang dipasang di dinding yang berlawanan, membentuk garis tegak lurus untuk drift. Untuk stasiun kembali, dua busi yang dipasang di belakang, membentuk garis yang sejajar dengan drift.
Satu set busi dapat digunakan untuk mencari total station didirikan di sebuah melayang atau terowongan dengan mengolah pengukuran untuk colokan dengan persimpangan dan reseksi.

About TeknologiSurvey.com

PT. GIS GLOBAL is an E-commerce or online shopping tools required in the various fields of equipment, GPS, Surveying Instruments, Geological Survey Tools, Safety Tools Industry, Test & Measuremen, Radio Communications and Satellite Devices, Mining, Forestry, Construction Equipment, Marine Equipment.

Diskusi

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: